Minggu, 11 Desember 2016

Pelaksanaan Kelas Menggapai Mimpi – Barak Warga Bhakti

Kelas Menggapai Mimpi adalah program pertama yang dilaksanakan Tulungagung Muda di Barak Warga Bhakti, Desa Kutoanyar, Tulungagung. Kegiatan ini dilaksanakan pada 13 November 2016, bertempat di aula Barak Warga Bhakti. Tujuan diadakan kelas menggapai mimpi adalah untuk memotivasi anak-anak di Barak agar kembali bersemangat untuk melanjutkan sekolah, dan berani bercita-cita.




Kelas menggapai mimpi direncanakan berjalan pukul 08.00-11.00. Antusiasme anak-anak Barak sangat tinggi, terbukti mereka sudah bersiap-siap sejak pagi. Bahkan sebagian anak sudah menghampiri pantita kelas menggapai mimpi (crew Tulungagung Muda) yang masih melakukan persiapan peralatan pukul sekitar pukul 07.00.  Kelas menggapai mimpi dihadiri tidak kurang dari 30 orang anak, terdiri dari berbagai usia dan tingkatan kelas. Mereka terlihat sangat bahagia mengikuti kelas ini.

Pukul 07.30, anak-anak semakin ramai berdatangan. Panitia kemudian mengambil insiatif untuk mengajak bermain sambil mempersiapkan segala keperluan. Topi sederhana warna-warni bertuliskan nama anak-anak segera dipasang panitia. Layaknya anak-anak pada umumnya, semua ingin dipasangkan topi lebih dulu. Cukup susah memang. Mengatur antrian anak-anak ternyata cukup sulit. Namun kami pun akhirnya juga dapat menyelesaikannya. Setelah semua topi sudah menghiasi kepala anak-anak, mereka kemudian bermain,dan mengobrol sambal menunggu dimulainya kelas menggapai mimpi. 




Melihat kondisi aula yang sudah ramai, crew Tulungagung Muda memutuskan untuk memulai acara lebih awal. Acara dimulai dengan bernyanyi bersama, dilanjutkan senam bersama.

kelas menggapai mimpi - bernyanyi bersama

kelas menggapai mimpi - senam bersama


Acara berikutnya diisi  materi perilaku terpuji. Panitia menampilkan video yang memperlihatkan contoh perilaku yang buruk dan bagaimana perilaku yang baik. Di dalam video, ditampilkan bagaimana tatacara/adab  makan yang baik, adab setelah makan, adab berteman dan lain-lain. Dengan video interaktif, materi lebih mudah untuk diserap anak-anak. Selesai menonton video, anak-anak diberi beberapa pertanyaan seputar perilaku baik dan anak-anak dapat menjawab dengan tepat.
Selesai menonton video interaktif, Rizky Akbar (CEO) kemudian menampilkan video berisi contoh-contoh profesi. Tujuan nya adalah memperkenalkan profesi tersebut dan memotivasi anak-anak agar kembali memiliki cita-cita sebagai salah satu profesi tersebut. Anak-anak sangat antusias. Diakhir sesi video profesi ini, panitia melemparkan pertanyaan ke anak-anak seputar profesi. Anak-anak yang berhasil menjawab mendapatkan hadiah berupa snack. 


tulungagung muda - kelas menggapai mimpi - video profesi

tulungagung muda - kelas menggapai mimpi - memperhatikan video profesi


Acara dilanjutkan dengan membuat pohon mimpi. Anak-anak dibantu panitia menuliskan mimpi/cita-cita mereka dipohon kertas berbentuk buah. Kemudian anak-anak menempelkan nya pada pohon mimpi.


tulungagung muda-kelas menggapai mimpi-pohon mimpi 1

tulungagung muda-kelas menggapai mimpi-pohon mimpi 2

tulungagung muda-kelas menggapai mimpi-pohon mimpi 3

Kelas menggapai mimpi ini cukup berhasil membangkitkan kembali motivasi anak-anak Barak. Membangkitkan kembali keinginan untuk melanjutkan sekolah, dan berani bercita-cita tinggi. Panitia sangat bahagia melihat perubahan ini.Selesai kegiatan kelas menggapai mimpi, Tulungagung Muda mengadakan evaluasi dan foto bersama.

tulungagung muda - kelas menggapai mimpi 1

tulungagung muda - kelas menggapai mimpi 2

tulungagung muda - kelas menggapai mimpi 3

Share:

0 komentar:

Posting Komentar